Jumat, 17 April 2015

Apa Itu Sinar Infra Merah Gelombang Jauh (Far Infra Red) dan Manfaatnya?

Tuhan menciptakan bumi dan isinya begitu sempurna, dan bahwa semua yang diciptakan pada akhirnya untuk manusia.

Sumber dari segala sinar adalah Matahari, dari Mataharilah tanaman bisa tumbuh, hewan bisa bekembang biak termasuk hidup manusia. Tapi di balik itu ada banyak sinar yang ternyata mempunyai dampaik negatif bagaimana mahluk hidup.

Gambar 1 : Spektrum warna

Penjelasan Gambar 1 :

Sinar terbagi menjadi :
  • Sinar Tampak, yaitu sinar pelangi "Mejikuhibiningu" yang biasanya muncul kalau ada biasan cahaya dari pantulan butiran air di udara (setelah hujan). Sehingga bisa kita lihat dengan mata telanjang.
  • Sinar Tidak Tampak, sinar yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Disamping sinar Ungu (kearah kiri) ada sinar UV, sinar X, gama dll. Semakin ke kiri panjang gelombang sinar semakin pendek, sehingga efek samping ke tubuh manusia semakin besar karena daya menembus tubuh makin dalam. Contoh : Foto rontgen menggunakan sinar X yang mempunyai efek samping merusak sel-sel tubuh, sehingga ada batasan seseorang untuk di rontgen.

BACA JUGA : [Makanan tradisional Jepang ini mampu hancurkan bekuan darah/trombus dan melancarkan aliran darah] KLIK GAMBAR



Disebelah sinar Merah ke arah kanan, panjang gelombang semakin panjang seperti Sinar Infra Merah, Gelombang Radio dll.


Sinar Infra merah terbagi menjadi 3 :
1.      Gelombang Pendek 0,75 - 1,5 micron. Biasanya dipakai pada lampu IR yang biasanya digunakan dalam Fisioterapi. Efek panas cepat sekali muncul dan lama penggunaan maksimal 30 menit, 3 kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan. Alat ini berfungsi mengeluarkan Sinar Infra Gelombang Pendek yang memberikan efek panas, sehingga membantu untuk meredakan rasa sakit, melenturkan kekauan otot dan melancark aliran darah.
2.      Gelombang Sedang 1,5 - 4 micron

3.  Gelombang Panjang 4 - 1.000 micron. Sinar ini yang disebut sebagai "Bio Ray" atau Sinar Kehidupan. Kenapa begitu penting? Karena sinar yang dibutuhkan untuk kehidupan adalah 6 - 14 micron dan itu masuk dalam range Sinar Infra Merah Gelombang Jauh (SIM).

Video : Penjelasan Sinar Infra Merah/FIR untuk kehidupan *English

Manfaat Sinar Infra Merah Gelombang Jauh dan Cara Kerjanya.
Sinar Infra Merah Gelombang Jauh jika terpapar ke air, maka molekul air akan di pecah menjadi molekul air yang lebih kecil, sehingga membuat air menjadi lebih aktif.
Gambar 2 : Cara kerja Sinar Infra Merah Gelombang Jauh, memecah molekul air yang besar menjadi pecahan molekul yang lebih kecil

BACA JUGA : 

Keterangan :

Dengan molekul air menjadi kecil, membuat air menjadi ebih aktif. Lalu apa kaitannya dengan mahluk hidup. Bahwa didalam tubuh mahluk hidup mengandung air, baik tanaman, hewan maupun manusia yang terdapat di dalam sel "plasma" ataupun darah. Jika sel terpapar Sinar Infra Merah Gelombang Jauh, maka air didalam sel menjadi aktif sehingga membantu metabolisme di dalam sel itu sendiri untuk kelangsungan hidupnya termasuk pertumbuhan maupun regenerasinya. Selain itu juga bermanfaat untuk mengaktifkan enzyme pada mahluk hidup. Sehingga sebagian besar mahluk hidup akan bisa tumbuh, berkembang biak dan hidup jika ada sinar matahari.

Gambar 3 : Contoh pertanian dalam gedung di Gedung Pasona Jepang, 

menggunakan lampu khusus 

Sumber SInar Infra Merah Gelombang Jauh selain dari Sinar Matahari.
Mineral bumi ternyata dapat memancarkan SIM dengan syarat terpapar panas. Sebagai contoh :
  • Zaman China kuno, bebatuan tertentu *giok, tourmalin dll dipanaskan lalu ditempelkan pada bagian yang bermasalah, diyakini membantu untuk proses penyembuhan penyakit serta membantu mengurangi atau menghilangkan rasa sakit.
  • Rasa makanan akan jauh lebih enak jika, dimasak menggunakan kuali tanah liat (gudeg Jogja). Memasak nasi menggunakan kayu membuat rasa nasi, tekstur lembut dari pada menggunakan kompor. Melembutkan daging yang keras, dengan cara memasukan sendok keramik atau pecahan genteng ke dalam wajan saat memasak. BACA JUGA : [Arang Binchotan membuat makanan menjadi lebih enak]
Mungkin anda pernah mendengar atau melihat kok saat ini banyak beredar dipasaran terapi Sinar Infra Merah berupa matras, sabuk pinggang, celana dalam, bra, penutup mata dll. Dari mana sumber Infra Merahnya? ya menggunakan material bumi tertentu yang mampu memancarkan SIM. 

Baca Juga : [Spora Jamur Lingzhi/Ganoderma Lucidum mampu melawan kanker]

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjawab rasa penasaran anda mengenai Sinar Infra Merah Gelombang Jauh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar