Minggu, 28 Juni 2015

Manfaat Terapi Termal (panas)

Berapa sebenarnya suhu badan manusia yang normal ?
Selama ini banyak orang menganggap suhu tubuh normal manusia berada pada titik 37 derajat Celcius. Benar, rata-rata suhu tubuh normal manusia memang berada pada kisaran tersebut. Tapi kenyataannya suhu tubuh normal tidak selalu pada titik 37 derajat Celcius. Suhu tubuh yang normal bisa berada di antara 36,5-37,5 derajat Celcius.
Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Biasanya, suhu terendah terjadi pada pagi hari dan akan naik 0,6 derajat Celcius pada sore hari. Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari juga bisa memengaruhi suhu tubuh. Contohnya ketika Anda berolahraga di hari yang panas maka suhu tubuh dapat naik 0,6 derajat Celcius.
Salah seorang dokter dari Good Health di London, Inggris, Dr Martin Scurr, mengatakan, pada orang tua suhu tubuh mereka lebih dingin dari rata-rata orang berusia di bawah mereka. Dan ketika mereka jatuh sakit, tubuh mereka tidak dapat mencapai suhu 'normal'.

"Ketika Anda beranjak tua, kemampuan tubuh untuk mengatur suhu menjadi kurang efisien. Dalam cuaca yang sangat panas, tubuh orang tua tidak berkeringat dan kehilangan panas dengan baik," kata Martin Scurr, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (1/7/2014)
Kenapa suhu badan harus normal (36,5-37,5 derajat Cel) ?
Dengan suhu yang normal maka :
1. Metabolisme tubuh akan bekerja dengan baik, ambil contoh : jika anda melarutkan gula ke air hangat dan dingin, mana gula yang akan cepat larut? Ya pasti lebih cepat larut pada air hangat. Nah seperti itulah yang akan terjadi di dalam tubuh kita. Suhu badan yang "normal" tersebut bertujuan agar metabolisme di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik.
2. Mengaktifkan kerja Enzyme. Di dalam tubuh ada sekitar 4.000 jenis enzyme yang bermanfaat dalam proses biokimia di dalam tubuh. Ambil contoh : enzyme Amilase berfungsi merubah karbohidrat menjadi glucosa. Enzyme Protease merubah protein menjadi asam amino. Setiap enzyme punya tugas sendiri-sendiri. Banyangkan ada 4.000 jenis enzyme yang berbeda fungsinya, terbayang betapa rumitnya kerja biokimia di dalam tubuh. Semua enzyme tersebut akan bekerja normal jika suhu badan kita dalam keadaan Normal.
3. Sistem kekebalan tubuh akan bekerja optimal. Di dalam tubuh kita terdapat sel-sel yang fungsinya melawan atau membunuh bakteri, virus, kuman dll yang masuk ke dalam tubuh yang kita sebut Sistem Imun. Pernahkah anda bertanya? Kenapa saat kita terinveksi virus, bakteri dll kok suhu badan kita jadi naik (demam). Sebenarnya itu adalah mekanisme yang terjadi secara alami. Dengan suhu yang naik membuat sel sel kekebalan tubuh menjadi lebih aktif untuk melawan kuman dan bakteri.
4. Melancarkan aliran darah. Pernahkah anda bertanya? Kenapa setelah "kerokan" tidak boleh mandi. Jawabannya saat kita melakukan kerokan maka yang akan terjadi kenaikan suhu pada permukaan kulit akibat penggunaan balsem yang panas dan gesekan dengan koin logam. Suhu yang naik tersebut akan melebarkan pembuluh darah "Vasodilatasi" sehingga terlihat kulit akan berwarnah merah. Saat pembuluh darah melebar, maka aliran darah akan makin lancar. Masyarakat di Jepang punya tradisi mandi air panas "ONSEN", ternyata dari kebiasaan itulah menjadi salah satu rahasia panjang umur mereka.
5. Sel telur berkembang dengan baik. Kadang kita bertanya Kenapa telur ayam harus dierami? Jawabannya jelas bahwa dengan suhu yang hangat membuat perkembangan embrio akan bekerja optimal. Telur ayam yang tidak dierami tidak akan menjadi anak ayam. Shin She di China meyakini bahwa wanita yang sulit mendapatkan keturunan disebabkan oleh suhu rahim yang lebih rendah dari suhu normal.
Saat ini kalau kita perhatikan bahwa bumi sudah mengalami pemanasan global, bahkan yang ekstrim seperti yang terjadi di India baru-baru ini (Juni 2015). 
Akibat pemanasan global membuat kita menjadi tidak nyaman, sehingga kita berusaha menyamankan tubuh dengan cara mendinginkan. Ambil contoh penggunaan AC. Pernahkah anda menghitung? berapa lama kita terpapar AC dalam 1 hari? Saat tidur malam selama kurang lebih 6 jam, naik mobil ke kantor 0.5 - 1 jam, bekerja di ruangan ber AC 8 jam. Sudah berapa lama kita mengalami hal tersebut?
Belum lagi kita yang biasa makan atau minum yang dungin, maka akan membuat suhu lambung dan usus (suhu inti) akan turun.
Anda bisa bayangkan bagaimana metabolisme, kerja enzyme, sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan baik? karena hampir seharian bertahun tahun suhu badan kita mengalami fluktuasi.
Menurut seorang pakar kesehatan di Jepang *(maaf literaturnya belum ketemu), beliau menyampaikan bahwa hal inilah yang membuat kenapa mencul berbagai macam penyakit. Bahkan dari penelitian beliau terhadap pasiennya yang menderita kanker, jantung, diabetes ditemukan suhu badan mereka yang turun kurang lebih 1 derajat Celcius.
BIOSONIC MS 200 dilengkapi dengan teknologi Terapi Termal (panas), sehingga membantu menormalkan fluktuasinya suhu badan akibat penggunaan AC dan kebiasaan minum/makan yang dingin. Dengan menggunakan secara teratur akab membantu :
  • Meningkatkan 30% imunitas tubuh
  • Meningkatkan 7 - 15% metabolisme tubuh
  • Memaksimalkan kerja Enzyme
  • Meningkatkan terbentuknya Heat Shock Protein untuk regenerasi sel
  • Meningkatkan fungsi detoksifikasi
  • Memberikan efek relaksasi sehingga menghilangkan rasa nyeri pada otot dan sendi
Sediakan matras Biosonic MS 200 untuk keluarga anda, membantu sebagai preventive "bagaimana menunda datangnya penyakit".

Info lebih lanjut hubungi :
081262123718








Tidak ada komentar:

Posting Komentar